Selasa, 30 November 2010

soal hadist kelas XI

1.        Ilmu yang membahas tentang keadaan sanad, matan, cara-cara menerima dan meriwayatkan hadits, serta sifat-sifat pada rowi hadits disebut ......
a.        Ilmu Rijalul Hadits
b.        Hadits Ahad
c.        Ilmu Hadits Diroyah
d.        Ilmu Musthalah
e.        Ilmu Hadits Riwayah
2.        Sedangkan ilmu yang membahas tentang cara-cara penukilan, pemeliharaan dan pendewanan apa-apa yang disandarkan berupa perkataan, perbuatan maupun iqrah nabi disebut ......
a.        Ilmu asbabul wurud
b.        Ilmu hadits riwayah
c.        Ilmu musthalah
d.        Ilmu rijalul hadits
e.        Ilmu hadist dirayah
3.        Yang termasuk pembagian ilmu hadits di bawah ini adalah ......
a.        Ilmu Rijalul Hadits dan Musthalah
b.        Asbabul Wurud Asbabunnuzul
c.        Riwayah dan Diroyah
d.        Ushul Hadits dan Riwayah
e.        Ilmu Rijalul Hadits dan Asbabul Wurud
4.        Di antara faedah mempelajari ilmu hadits dirayah adalah untuk mengetahui ......
a.        Periwayatan hadits
b.        Shoheh tidaknya suatu hadits
c.        Sumber hadits
d.        Tingkatan hadits
e.        Sejarah para perowi hadits
5.        Ulama hadits yang pertama kali menyusun ilmu hadits riwayah adalah ......
a.        Ibnu Hajar Al Atsqolani
b.        Ibnu Qoyim Al Jauziyah
c.        Muhammad bin Syihab Az-Zuhri
d.        Ibnu Hiban
e.        Umar bin Abdul Aziz
6.        Sedangkan ulama hadits yang pertama kali menyusun ilmu hadits diroyah adalah ......
a.        Ibnu Hiban
b.        Abu Muhamad Al Hasan bin Abdurrahman Arrohmahurmuzi
c.        Umar bin Abdul Aziz
d.        Muhammad bin Syihab
e.        Ibnu Qoyim Al Jauziyah
7.        Di antara cara penerimaan hadits yang dilakukan oleh para sahabat adalah ......
a.        Menanyakan langsung kepada nabi
b.        Mendengar langsung dari nabi
c.        Memperoleh sendiri
d.        Melalui mimpi
e.        Menyimpulkan sendiri
8.        Di antara lafal-lafal yang digunakan untuk meriwayatkan hadits kauliyah adalah ......
a.                                               أَمَرَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلم
b.                                                     كَانَ النَّبِىُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم
c.                                                                                  قَالَ اللهُ تَعَالَى
d.                                            سَمِعَ رَسُوْل اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم
e.                                             قُلْتُ رَسُوْل اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم
9.        Dantara lafal-lafal yang digunakan untuk meriwayatkan hadits fi’liyah adalah ......
a.                                           رأيت رَسُوْل اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم
b.                                              قال رَسُوْل اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم
c.                                        سَمِعْتُ رَسُوْل اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم
d.                                                                                   قَالَ اللهُ تَعَالىَ
e.                                        أَخْبَرَنِى رَسُوْل اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم
10.     Yang dimaksud hadits muttawatir adalah ......
a.        Hadits yang susunan redaksinya berbeda tetapi maknanya sama
b.        Hadits yang maknanya dari nabi sedangkan sahabat menyusun redaksinya
c.        Suatu hadits hasil tangkapan panca indera yang diriwayatkan oleh sejumlah orang yang menurut kebiasaan mereka mustahil bersepakat dusta
d.        Hadits yang disusun redaksinya sesuai dengan apa yang ditentukan nabi
e.        Redaksinya langsung dari Allah
11.     Di antara syarat-syarat hadits muttawatir adalah hasil tanggapan panca indra, maksudnya adalah ......
a.        Tidak mampunya cacat
b.        Sempurna hafalannya
c.        Warta yang mereka sampaikan benar-benar hasil pendengaran atau penglihatan sendiri
d.        Rowi harus kuat hafalannya
e.        Rowi tidak memiliki kekurangan
12.     Para Ulama mukhaditsin mengklasifikasikan hadits muttawatir sebagai berikut ......
a.        Marfu’ dan mauquf
b.        Lafdzi dan ma’nawy
c.        Masyhur dan ghorib
d.        Munqoty’ dan mauquf
e.        Marfu’ dan munqoty’
13.     Yang dimaksud dengan hadits muttawatir maknawi adalah hadits yang diriwayatkan oleh rowi yang banyak dan ......
a.        Susunannya berbeda tetapi maknanya sama
b.        Redaksi dan maknanya sama
c.        Redaksinya sama dengan nabi
d.        Makna dari Allah redaksinya dari nabi
e.        Redaksinya langsung dari Allah
14.     Teks berikut yang merupakan salah satu contoh hadits muttawatir lafdzi adalah ......
a.                                  اَلْمُسْلِمُ مَنْ سَلِمَ الْمُسْلِمُوْنَ مِنْ لِسَانِهِ وَيَدِهِ
b.                             مَنْ كَذَّبَ عَلَيَّ مُتَعَمِّدًا فَلْيَتَبَوَّأ مَقْعَدَهُ مِنَ النَّار
c.                                                          كَانَ يَرْفَعُ يَدَيْهِ حَدْوَ مَنْكِبَيْهِ
d.                                 قَنَتَ شَهْرًا بَعْدَ الرُّكُوْعِ عَلَى رَعْلٍ وَذَكْوَانٍ
e.                                        لاَ صَلاَةَ لِجَارِ الْمَسْجِدِ إِلاَّ فِى الْمَسْجِدِ
15.     Redaksi hadits berikut yang merupakan contoh hadits muttawatir ma’nawi adalah ......
a.                                           يَسِّرُوْا وَلاَ تُعَسِّرُوْا بَشِّرُوْا وَلاَ تُنَفِّرُوْا
b.                                                          كَانَ يَرْفَعُ يَدَيْهِ حَدْوَ مَنْكِبَيْهِ
c.                                                                    قُلِ الْحَقَّ وَلَوْ كَانَ مُرًّا
d.                                                 مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ
e.                                                                       إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ
16.     Hadits yang syarat-syaratnya tidak mencapai derajat muttawatir disebut ......
a.        Hadits Masyhur
b.        Hadits ’Aziz
c.        Hadits Ghorib
d.        Hadits Ahad
e.        Hadits Dloif
17.     Para muhadditsin memberikan nama-nama tertentu bagi hadits ahad yaitu ......
a.        Marfu, mauquf dan maqtu
b.        Masyhur, ’aziz dan ghorib
c.        Shoheh, hasan dan dloif
d.        Masyhur, shoheh dan hasan
e.        Aziz, dloif dan ghorib
18.     Ditinjau dari banyak sedikit rowy-rowy yang berada pada tiap-tiap thobaqoh maka hadits ahad diklasifikasikan ke dalam ......
a.        Aziz, hasan, dloif
b.        Marfu, mauqufm maqtu’
c.        Shoheh, hasan, dloif
d.        Masyhur, aziz, ghorib
e.        Masyhur, shoheh, hasan
19.     Klasifikasi hadits ahad ditinjau dari kwalitas para rowinya ......
a.        Marfu, manquf dan maqtu
b.        Dloif, hasan, shoheh
c.        Aziz, hasan, shoheh
d.        Masyhur, aziz, ghorib
e.        Shoheh, hasan, dloif
20.     Hadits yang dinukil oleh rowy yang adil, sempurna ingatan, sanadnya bersambung-sambung, tidak ber’illat dan tidak janggal disebut hadits ......
a.        Masyhur
b.        Shoheh
c.        Hasan
d.        Aziz
e.        Shoheh hasan
21.     Yang merupakan syarat-syarat hadits shoheh adalah ......
a.        Sanad tidak bersambung, rowynya syadz, rowynya ber’illat
b.        Rowynya tidak sempurna, rowynya kurang adil, sanadnya tidak terputus
c.        Rowynya dlobit rowynya ber’illat, rowynya adil
d.        Rowynya sempurna ingatan, ber’illat, rowynya adil
e.        Rowynya adil, dlobit, sanadnya tidak terputus, tidak ber’illat, tidak syadz.
22.     Di antara syarat-syarat hadits shoheh adalah tidak ”mu’allal” maksudnya ......
a.        Tidak kuat hafalannya
b.        Kurang adil
c.        Tidak mempunyai cacat
d.        Kurang sempurna
e.        Memiliki kekurangan
23.     Berikut ini yang merupakan pembagian hadits shoheh adalah ......
a.        Shohih li-dzatih dan shohih li-ghoerih
b.        Shohih li- dzatih dan hasan li-dzatih
c.        Hasan li-dzatih dan hasan li-ghoerih
d.        Shohih li-ghoerih dan hasan li-ghoerih
e.        Hasan li-dzatih dan dloif li-dzatih
24.     Hadits shoheh yang memenuhi syarat-syarat ketentuan syarat hadits shoheh disebut ......
a.        Shoheh li-ghoerih
b.        Shoheh li-dzatih
c.        Hasan li-dzatih
d.        Hasan li-ghoerih
e.        Shoheh yang sempurna
25.     Teks hadits berikut ini yang merupakan contoh hadits shoheh adalah ......
a.                            إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى
b.                                       وَلَدُ الزِّنَا لاَ يَدْجُلُ الْجَنَّةَ اِلَى سَبْعَةِ أَبْنَاء
c.                 وَإِنَّ كُلَّ مَنْ يُسْمَى بِهَذِهِ اْلأَسْمَاءِ (مُحَمَّد وَأَحْمَد) لاَ
                                                    يَدْخُلُ النَّار
d.                                                          حُبُّ الدُّنْيَا رَأْسُ كُلِّ خَطِيْئَةٍ
e.                              لُقْمَةٌ فِى بَطْنِ جَائِعٍ أَفْضَلُ مِنْ بَنَاءِ اَلْفِ جَامِعٍ
26.         "مَا نَقَلَهُ عَدْلُ قَلِيْلُ الضَّبْطِ مُتَّصِلُ السَّنَدِ غَيْرَ مُعَلّلٍ وَلاَ شَاذٍ "
Ungkapan di atas adalah definisi tentang hadits ......
a.        Muttawatir
b.        Hasan
c.        Masyhur
d.        Shoheh
e.        Aziz
27.     Berikut ini yang merupakan klasifikasi hadits hasan adalah ......
a.        Hasan li-ghoerih dan hasan li-dzatih
b.        Hasan shoheh dan hasan li-dzatih
c.        Hasan li-dzatih dan hasan li-ghoerih
d.        Hasan li-dzatih dan shoheh li-ghoerih
e.        Shoheh li-ghoerih dan hasan li-dzatih
28.     Teks hadits berikut yang bukan merupakan contoh hadits hasan adalah ......
a.                                                          كَانَ يَرْفَعُ يَدَيْهِ حَدْوَ مَنْكِبَيْهِ
b.                                                                       إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ
c.                                           يَسِّرُوْا وَلاَ تُعَسِّرُوْا بَشِّرُوْا وَلاَ تُنَفِّرُوْا
d.                                 حَقٌّ عَلَى الْمُسْلِمِيْنَ أَنْ يَغْتَسِلُوْا يَوْمَ الْجُمْعَةِ
e.                                                 مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ
29.           "مَا نَقَلَهُ عَدْلُ تَامّ الضَّبْطِ مُتَّصِلُ السَّنَدِ غَيْرَ مُعَلّلٍ وَلاَ شَاذٍ "
Ungkapan di atas definisi tentang hadits ......
a.        Hasan
b.        Muttawatir
c.        Dloif
d.        Masyhur
e.        Shoheh
30.     Berikut ini yang bukan merupakan syarat-syarat hadits shoheh adalah ......
a.        Rowynya adil
b.        Sanadnya bersambung
c.        Rowinya ber’ilat
d.        Dlobit
e.        Tidak janggal
31.     Berdasarkan kajian para ahli hadits berikut ini adalah bukan termasuk klasifikasi hadits shoheh, kecuali ......
a.        Shoheh li-dzatihdan hadits li-dzatih
b.        Shoheh li-ghoerih dan hasan li-ghoerih
c.        Shoheh li-dzatih dan hasanli-ghoerih
d.        Hasan li-dzatih dan hasan li-ghoerih
e.        Shoheh li-ghoerih dan hasan shoheh
32.     Faktor yang menentukan turunnya hadits shoheh li-dzatih menjadi hasan li-dzatih karena ......
a.        Kedlobitan rowy yang kurang sempurna
b.        Rowy yang syadz
c.        Rowy yang adil
d.        Rowy yang ber’ilat
e.        Rowy yang sempurna
33.     Berdasarkan penelitian para ahli hadits teks hadits berikut adalah bukan termasuk contoh hadits shoheh kecuali ......
a.                              لُقْمَةٌ فِى بَطْنِ جَائِعٍ أَفْضَلُ مِنْ بَنَاءِ اَلْفِ جَامِعٍ
b.                                                          حُبُّ الدُّنْيَا رَأْسُ كُلِّ خَطِيْئَةٍ
c.                                       لاَ يَدْجُلُ الْجَنَّةَ وَلَدُ الزِّنَا اِلَى سَبْعَةِ أَبْنَاء
d.                                                          كَانَ يَرْفَعُ يَدَيْهِ حَدْوَ مَنْكِبَيْهِ
e.                                إِنَّ مِنْ أَكْمَلِ الْمُؤْمِنِيْنَ إِيْمَانًا أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا
34.       أَنْ لاَ يَكُوْنَ فِى إِسْنَادِهِ مَنْ يُتْهَمُ بِالْكَذْبِ وَلاَ يَكُوْنَ حَدِيْثًا شَاذًا
                                                   وَيَرْوِى مِنْ غَيْرِ وَجْهِ نَحْوَ ذَالِك
Ungkapan di atas adalah definisi tentang hadits ......
a.        Masyhur
b.        Shoheh
c.        Muttawatir
d.        Aziz
e.        Hasan
35.     Hadits yang sanadnya tidak sepi dari seorang yang tidak nyata kedlobitannya, bukan pelupa yang banyak salahnya, tidak nampak adanya sebab yang menjadikannya fasik dan matan hadits baik berdasarkan periwayatan yang semisal, pernyataan tersebut adalah bagian klasifikasi dari hadits ......
a.        Hasan li-hoerihi
b.        Hasan li-dzatih
c.        Shoheh li-dzatih
d.        Shoheh li-ghoerih
e.        Muttawatir maknawi
36.     Di antara teks berikut yang merupakan contoh hadits Hasan ......
a.                                 اَلْغُسْلُ يَوْمَ الْجُمْعَةِ وَاجِبٌ عَلَى كُلِّ مُحْتَلِمٍ
b.                                                                           بَلِّغُوْا عَنِّى وَلَوْ أَيَةً
c.                                             مَنْ دَعَا إِلَى هُدًى كَانَ لَهُ مِنَ اْلأَجْرِ
d.                                                 مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ
e.                                           يَسِّرُوْا وَلاَ تُعَسِّرُوْا بَشِّرُوْا وَلاَ تُنَفِّرُوْا
37.     Berdasarkan penelitian para muhaditsin hadits berikut yang merupakan kategori hadits dloif yang ”gugur” sanadnya adalah ......
a.        Hadits muallaq
b.        Hadits maudlu
c.        Hadits matruk
d.        Hadits muallal
e.        Hadits mudraj
38.                مَا أَخْبَرَ اللهُ نَبِيَّهُ بِاْلإِلْهَامِ أَوْ بِالْمَنَامِ فَأَخْبَرَ النَّبِىُّ صَلَّى اللهُ
                                     عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ ذَالِكَ الْمَعْنَى بِعِبَارَةِ نَفْسِهِ
Ungkapan di atas definisi tentang hadits ......
a.        Hadits marfu
b.        Hadits qudsy
c.        Hadits mauquf
d.        Hadits dloif
e.        Hadits mursal
39.     Teks hadist berikut yang merupakan contoh hadits qudsy adalah ....
a.                                           لاَتَقْبَلُ صَلاَةُ مَنْ أَحْدَثَ حَتَّى يَتَوَضَّأَ
b.                                                                بُنِىَ اْلإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ
c.          يَا عِبَادِىْ إِنِّى حَرَّمْتُ الظُّلْمَ عَلَى نَفْسِى وَجَعَلْتُهُ بَيْنَكُمْ محَرَّ
                                                مًا فَلاَ تَظَالَمُوْا
d.                                                            صَلُّوْا كَمَا رَأَيْتُمُوْنِى أُصَلِّى
e.                                    لاَ يَرِثُ الْمُسْلِمُ الْكاَفِرَ وَلاَ الْكَافِرُ الْمُسْلِمَ
40.       هُوَ مَا قُصِرَ عَلَى الصَّحَابِى قَوْلًا أَوْ فِعْلًا مُتَّصِلاً كَانَ أَوْ مُنْقَطِعًا
Ungkapan di atas adalah definisi hadits ......
a.        Maqthu’
b.        Muhqothi
c.        Mauquf
d.        Qudsy
e.        Marfu’

II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut :
41.     Jelaskan perbedaan antara ilmu hadits riwayah dengan ilmu hadits diroyah !
42.     Jelaskan bagaimana cara sahabat menerima hadits ?
43.     Sebutkan syarat-syarat hadits muttawatir !
44.     Jelaskan hadits dloif ditinjau berdasarkan cacat  rowy !
45.     Jelaskan pengertian hadits marfu dan contoh haditsnya ?


6 komentar: